NEWS UPDATE :  

Berita

SMP NEGERI 3 BANDA ACEH ADAKAN SEKOLAH ALAM TERBUKA BERSAMA SPN POLDA ACEH

SMP Negeri 3 Banda Aceh melaksanakan kegiatan tafakur alam dan penguatan karakter di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Aceh, Seulawah, Aceh Besar mulai tanggal 24 s.d 26 Desember 2021. Kegiatan ini  diawali dengan apel pembukaan yang dipimpin inspektur Kepala SPN Polda Aceh. Kombes Pol Mohammad Ali Khadafi, S.I.K. yang diwakili Kasubbag Renmin SPN Polda Aceh Kompol Saiful Hadi, SH., M.H. di Lapangan Tribrata komplek SPN, Jum’at (24/12) sore. Selanjutnya, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh juga turut memberikan pengarahan kepada seluruh siswa dalam apel pembukaan ini.

Dalam sambutannya, Kompol Saiful Hadi, SH., M.H.  mengharapkan, para siswa yang telah menjalani penempaan karakter untuk dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. “Kesempatan singkat berlatih di sini (SPN Seulawah Polda Aceh) jangan disia-siakan. Ambillah seluruh pelajaran baru demi peningkatan karakter dan tambahan ilmu bagi adik-adik semuanya,” ujarnya.

Kepala SMP Negeri 3 Banda Aceh, Rima Afriani, S.Pd., M.Pd. menjelaskan, SMP Negeri 3 Banda Aceh merupakan sekolah pertama setingkat SMP di kota Banda Aceh yang mengadakan kegiatan ini. Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sekolah kami. Lebih lanjut, Rima menambahkan kegiatan ini akan dijadikan agenda tahunan bagi SMP Negeri 3 Banda Aceh.

Ada banyak kegiatan yang diikuti siswa seperti menjelajah alam, berjalan di atas seutas tali di atas air, flying fox, berkuda, api unggun, dan permainan yang melatih kekompakan. Selain itu, siswa juga dibekali dengan berbagai materi yaitu materi NAC (Neuro Associative Conditioning), tausiyah agama, kedisiplinan, serta sikap sebelum dan sesudah makan. Semua kegiatan ini dipandu oleh instruktur SPN Polda Aceh.

Sejak Jumat sampai dengan Minggu (26/12) para siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh mengadakan latihan bersama di SPN Seulawah yang bertajuk "Tafakur Alam dan Implementasi Penguatan Karakter". Adapun kegiatan ini diikuti oleh 200 siswa kelas IX dan OSIS dengan didampingi oleh kepala sekolah, guru-guru sekaligus pembina pramuka.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh melalui Kabid Pembinaan SMP Evi Susanti, S.Pd., M.Si. mengharapkan kegiatan ini tidak hanya melatih fisik melainkan juga melatih mental siswa dalam membentuk sikap disiplin, tanggung jawab, toleransi, kerja sama, dan berkarakter pancasila.